Bukit Monjet, Spot Foto Keren yang Cocok Buat Instagramers


Sembalun memang tak ada habisnya untuk memanjakan mata dan memuaskan dahaga keindahan bentangan alam. Selain terkenal dengan gerbang awal pendakian Gunung Rinjani, sembalun juga banyak dikenal karena bukit-bukitnya yang tak kalah menawan. Sebut saja beberapa deretan bukit seperti bukit selong, bukit siswa, bukit tangkok, bukit pergasingan, bukit anak dara, bukit nanggi, bukit monjet, dan masih banyak lagi bukit lainnya. pada postingan sebelumnya, saya menuliskan tentang keindahan bukit tangkok, maka kali ini saya akan menceritakan tentang Bukit Monjet.
Bukit Monjet menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer dikalangan masyarakat sejak adanya berbagi spot-spot unik. Bukit ini terletak di desa sembalun bumbung, kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bukit Monjet ini menjadi viral karena memiliki spot-spot foto yang menarik dan instagramable.
istirahat dulu

Lokasi Bukit Monjet berada pada satu jalur menuju pendakian Bukit Nanggi. Namun, letak Bukit Monjet lebih dekat dari pada Bukit Nanggi. Untuk dapat menikmati spot-spot yang di sediakan di Bukit Monjet, pengunjung hanya cukup membayar karcis masuk sejumlah Rp. 5000/orang. Selain itu, pengunjung juga dikenakan biaya parkir berkisar antara  Rp. 2000 - Rp.  5000.
spot jembatan monjet

Bukit Monjet lebih Tinggi daripada Bukit Tangkok dan Bukit Selong. Pengunjung harus lebih bersabar karena Jarak tempuh yang lebih panjang dan lama. oleh karena itu, pengunjung harus menyiapkan tenaga ekstra agar dapat mencapai spot-spot foto yang disediakan. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa spot yang bisa digunakan beristirahat. Oh iya, jika beruntung maka pegunjung bisa menemukan penjual di Bukit Monjet. Biasanya barang yang ditawarkan berupa minuman dan makanan. Namun, ada juga yang menawarkan sayur-sayuran seperti yang saya temui. Hanya saja, sebaiknya pengunjung menyiapkan minuman dan makanan sendiri mengingat tak selamanya bisa menemukan penjual yang beroperasi.
spot tangan raksasa

Ada beberapa spot-spot foto yang disediakan di Bukit Monjet. Namun, spot yang paling banyak diminati pengunjung adalah spot tangan raksasa. Sesuai namanya, spot ini memang berbentuk tangan manusia yang terbuka lebar. Pengunjung dapat berfoto ditengah-tengah tangan seolah-olah sedang berada di tangan raksasa. Telapak tangan dibuat dari bambu sehingga kuat dipijak dan uniknya jari-jari dibuat menggunakan rerantingan yang sudah mati. Oleh karena itu jangan coba-coba berpijak di jari-jari tangan raksasa.

Selain spot tangan raksasa, pengunjung juga bisa menemukan spot bidadari atau peri. Ada spot sayap kupu-kupu raksasa berwarna biru yang dikombinasikan dengan warna hitam. Pengunjung cukup berdiri di tengah-tengah seolah-olah memiliki sayap untuk terbang. Seperti yang kita ketahui, bidadari atau peri identik dengan adanya sayap yang terletak di punggung.
spot foto kupu-kupu
spot yang tak kalah menariknya adalah sebuah spot jembatan. Spot ini berada di penghujung bukit Monjet dan menjadi destinasi spot terakhir. Salah satu daya tarik dari spot ini adalah bacground perbukitan yang berjajar tak teratur. Spot ini terkesan lebih alami karena tidak ada latar petak-petak sawah petani.
spot jembatan 

Ada juga ayunan sederhana yang bisa digunakan oleh pengunjung. Ayunan ini tidak terlalu mewah seperti ayunan yang ada di bukit Tangkok. Meskipun demikian, ayunan ini wajib kamu coba kalau berkunjung ke sini. Sayang banget kan kalau tidak dirasakan sendiri dan terbayar sudah lelahnya pendakian yang kamu lakukan.
spot ayunan

 Ada juga spot lainnya seperti hamouck, ayunan dan lain-lain. Jika kamu tertarik dengan spot-spot di Bukit Monjet silahkan berkunjung ya.  see you soon.




Komentar

berbagifun mengatakan…
kemarin baru sempet ke bukit selong dan tangkok, nah bukit monjet ini belum pernah....
sepertinya lebih okee ya
Bakti Saputra mengatakan…
Gambarnya pecah-pecah.. Resolusi ditingkatkan yaaaaa 😉
Adi Pradana mengatakan…
Spotspotnya menarik bgt mbak. Instragramable. Nice
Tira Soekardi mengatakan…
wah sekarang banyak bukit2 dijadikan objek wisata yg indah ya