Telur, Solusi Sehat untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

source Bisnis Sampingan 007
Tahukah kamu bahwa tubuh manusia itu terdiri atas banyak sel?. Sel merupakan unit terkecil penyusun tubuh makhluk hidup. Uniknya,  80 % dari tubuh sel terdiri atas cairan yang di sebut protoplasma. Apabila protoplasma ini dikeringkan, maka 50 %nya adalah protein. Fakta bahwa Kandungan protein yang menempati ½ dari tubuh makhluk hidup menegaskan kepada kita akan pentingnya pemenuhan asupan protein bagi tubuh terutama untuk membantu  peningkatan kecerdasan otak.

Kecerdasan otak memang dipengaruhi juga oleh faktor genetik. Namun, peran faktor genetik hanya berkisar antara 30 - 40 % dalam menentukan tingkat kecerdasan seseorang. Sedangkan 60 % selebihnya ditentukan oleh faktor lingkungan seperti pemenuhan gizi, terutama protein. Oleh karena itu, salah satu tips untuk mencerdaskan otak selain dengan belajar rutin adalah dengan mencukupi kebutuhan asupan protein.

Protein terdiri atas 25 jenis asam amino. Semua asam amino tersebut sangat berperan penting dalam pembentukan Neutrotransmitter yang merupakan suatu senyawa di dalam sel otak. Neutrotransmitter berfungsi sebagai senyawa pengantar pesan antar sel-sel otak. Jika pemenuhan asupan protein baik, maka transmitter antar sel akan berlangsung cepat sehingga daya ingat meningkat.
source www.informasitips.com
Pada ibu hamil, terutama saat usia kandungan menginjak trimester ke-3 harus banyak mengkonsumsi protein. Pasalnya, perkembangan otak anak sudah dimulai sejak masih dalam kandungan secara bertahap-tahap. Tahapan tersebut kemudian berlanjut setelah melahirkan. Pada usia 6 bulan pasca kelahiran, perkembangan otak anak mencapai 50 %, kemudian meningkat hingga 75 % pada usia 2 tahun. Kemudian pada usia 5 tahun, peningkatan mencapai 90 % hingga 99 % pada usia 10 tahun. Oleh karena itu, pemenuhan asupan protein harus benar-benar tercukupi.
source http://gayahidup.republika.co.id
Pemenuhan asupan protein dapat bersumber dari tumbuhan maupun hewan. Salah satu sumber protein yang banyak kita jumpai sehari-hari adalah telur dan ayam. Terutama pada kuning telur yang ternyata banyak memiliki kandungan Chollin. Nah, Chollin ini juga berperan dalam membantu perkembangan daya ingat otak.


Di Indonesia, tingkat konsumsi telur dan ayam terbilang cukup rendah. Dalam penelitian, disebutkan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ayam dan telur hanya 7 kg ayam dan 87 butir telur per tahun per kapita (poskotanews.com). Padahal, telur dan ayam memiliki kandungan protein yang tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, sebagian masyarakat belum memiliki kesadaran tentang pentingnya memenuhi asupan Protein. 

Source http://www.pinsarindonesia.com

Perhatikan tabel di atas. Jika mengacu pada data tabel tersebut, maka telur dan ayam memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan komoditas lainnya. untuk mendapatkan 1 gram protein dari telur, kamu hanya perlu merogoh kocek sebanyak 144  rupiah. Sedangkan harga 1 gram protein ayam berkisar 162 rupiah. Harga ini lebih murah dibandingkan harga tempe dimana untuk 1 gram protein tempe,  kamu harus membayar sebesar 181 rupiah. Menurut saya, telur dan ayam adalah pilihan yang ideal sebagai seumber protein. Selain rasanya yang jauh lebih enak, harganya pun relatif lebih terjangkau.
source http://suarabanyuurip.com
Salah satu langkah untuk pemenuhan asupan protein terutama untuk meningkatkan daya ingat otak adalah dengan mengkonsumsi telur setiap pagi di sekolah.  dalam rangka peringatan Hari Telur dan Ayam Nasional dapat menjadi momentum launching budaya makan telur di sekolah. Di sekolah, semua wali murid perlu diberikan edukasi dan arahan agar selalu membekali anak satu butir telur setiap pagi. Satu butir telur akan dimakan di sekolah sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Bukan hanya siswa saja yang menjadi target kegiatan ini, melainkan guru sebagai pengawas. Selain itu, harapannya setiap rumah mempunyai stok telur sehingga akan berimbas sebagai konsumsi bagi anggota keluarga yang lain. 

Nah, sudah tau kan pentingnya protein untuk meningkatkan kecerdasan otak?. maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kecukupan asupan protein kamu dan orang-orang tercinta. Selain dapat meningkatkan kecerdasan otak, Telur juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Mengkonsumsi telur dapat meningkatkan kesehatan mata, menjaga kekuatan tulang, mencegah anemia, dan membantu memenuhi asupan nutrisi harian.

Yuk tingkatkan tahapan kecerdasan otak melalui konsumsi telur dan ayam secara rutin. Sehat dapat, cerdas meningkat, asupan gizi cukup. selamat hari Telur dan Ayam Nasional. Mari makan Telur dan Ayam secara rutin.

Komentar