Showroom Krida Honda, Totalitas berikan Pelayanan bagaikan Hotel



Ketika kita sepakat pembeli adalah raja, maka kita harus totalitas memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas
~Nabiya~


Beberapa hari yang lalu alhamdulillah saya berkesempatan hadir dalam mini tour Showroom Krida Honda yang merupakan rangkaian acara Family Gathering Krida Honda. Sejujurnya, ada rasa malas sih datang kesini,karena sejauh pengalaman yang namanya bidang otomatif pasti nggak jauh dari kebisingan dan kotor. Tapi, setelah tiba disana, mindset saya berubah total. Nggak percaya ? buktiin langsung dengan mengunjungi Showroom Krida Honda di jalan gajah mada no. 88, jempong baru atau searching in google map hehehe,mudah kok ditemukan karena lokasinya strategis di jalan utama.
            Jika tidak ada berbagai umbul dan logo Krida Honda, ataupun pajangan aneka jenis motor,  mungkin saya berpikir itu adalah hotel sederhana dengan fasilitas yang WAH. Bentuknya persegi panjang dengan dominasi bangunan kaca, bahkan dari luar kita bisa melihat bangunan ini terdiri atas dua lantai. Fasilitasnya bisa dikatakan sekelas hotel guys.
So speechless ketika pertama masuk kedalam Showroom Krida Honda. Rasanya seperti memasuki musim salju setelah berlama-lama di padang pasir yang panas. Adem namun tidak membuat mengigil, padahal biasanya kalau lagi kelas di kampus saya menghindari penggunaan AC karena sering kedinginan.

INDOOR AREA

Lantai Pertama

Ruangan ini merupakan ruangan inti yang digunakan sebagai tempat berinteraksi langsung dengan pelanggan. Oleh karena itu, lantai 1 lebih banyak dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang kebutuhan dan kenyamanan pelanggan. Nah, fasilitas apa aja sih yang ada di lantai pertama?

  • Service area



Ruangan ini terletak terpisah dengan ruangan utama, namun hanya dipisahkan oleh dinding kaca transparan yang berbatasan langsung dengan ruang tunggu. Fasilitas ruang service terbilang WAH, meskipun saya hanya bisa melihat berbagai jenis mesin dan alat pendukung lainnya dari balik dinding kaca. Saya salut dengan konsep antara ruang tunggu dan ruang service. Adanya pemisah antara ruang tunggu dan ruang service memberikan kenyamanan antara mekanik dan pelanggan. Mekanik dapat bekerja tanpa gangguan serta bebas menyaksikan ketrampilan 13 karyawan mekanik tanpa terganggu suara bising sepeda motor. Melihat kecekatan karyawan mekanik yang sudah di training sesuai standarisasi Honda Training di Main Dealer adalah hal yang sangat menarik

  • Ruang tunggu


Bagian menarik dari  ruangan tunggu ini adalah sofanya empuk kayak yang saya temukan di lobby hotel.selain itu,  Service disini itu anti PHP, soalnya ya ada monitor khusus yang menampikan status dari kendaraan yang sedang diservice.
 kita bisa tau apakah kendaraan kita belum dikerjakan, on proses dikerjakan hingga selesei dikerjakan. Dibawah monitor tersedia juga LED TV yang dapat ditonton seraya menunggu motor selesai dikerjakan. Saya suka dengan tersedianya wifi gratis dan coffe corner sehingga menunggu motor yang diservice serasa lagi nomgkrong di caffe. kalau udah mulai bosan berselanjar di internet, pelanggan bisa menambah wawasan dengan membaca karena tersedia buku, koran dan majalah juga loh. Terus kalau bosan membaca gimana? nggak perlu khawatir, disini ada juga fasilitas Honda riding trainer. Honda riding trainer ini mirip game-game yang ada di mall itu loh. Cukup duduk sebagai pengendara motor dan mengikuti jalan yang ada di monitor. Bebas ngebut-ngebutan yah, gak akan terluka fisik kok, apalagi bisa ngulang sampe puas tanpa harus bayar. Kerennya lagi ada fasilitas tempat bermain anak, jadi kalau mau service disini nggak perlu khawatir anak akan bosan,bisa-bisa nanti anaknya nggak mau diajak pulang saking asyiknya bermain hehehe

  •       Wing Corner


Wing Corner merupakan tempat khusus yang digunakan untk display produk. Hampir setengah lantai 1 digunakan sebagai wing corner. Kerennya, wingcorner ini dilengkapi dengan digital analog. Hampir semua produk ada di wing corner. Ada berbagai jenis motor, safety jacket, kaos tangan, helm, ban motor dan spare part motor lainnya. Wing corner juga dilengkapi dengan beberapa kursi di titik tertentu, sehingga pelanggan bisa duduk sambil melihat-lihat produk yang tersedia.



  • Ruang Pelayanan Kasir dan Surat Administrasi


Setiap toko pasti memiliki kasir, begitu juga di Showroom Krida Honda. Ruangan kasir terletak di antara ruang pengambilan BPKB dan tangga untuk naik ke lantai 2. Disinilah pembayaran bisa dilakukan baik secara tunai maupun secara non tunai menggunakan BCA. Nah untuk pengambilan BPKB tinggal bergeser sedikit saja ke ruang yang disampingnya. Jadi tidak perlu ribet karena ruangannya tertata dengan baik dan terstruktur untuk memudahkan pelanggan.

  •   Ruang VIP


Showroom Krida Honda saya akui memang totalitas dalam melayani pelanggannya. Di lantai 1 juga tersedia ruang khusus untuk pelanggan VIP. Jadi kalau kamu tipe pelanggan yang suka pelayanan khusus VIP, maka Showroom Krida Honda recomended banget buat kamu. Pelayanan biasa aja keren banget, gimana pelayanan VIP nya ya hehehe.

  •   Toilet


Bagaimanapun megahnya suatu bangunan, tidak lengkap rasanya kalau ruangan yang satu ini tidak ada. Ya, toilet merupakan bagian penting yang harus ada. Akan lebih baik lagi jika toilet tersedia lebih dari satu.

Lantai kedua

Lantai kedua  lebih dispesifikasikan sebagai ruang interaksi antar karyawan, meskipun ada beberapa tempat yang digunakan unuk display produk. Jika fasilias dilantai 1 lebih banyak digunakan untuk pelayanan pelanggan, maka fasilitas di lantai 2 lebih banyak digunakan untuk pelayana karyawan. Wah konsepnya keren ya.

  •  Ruang Sales



saya pikir akan menyenangkan bekerja di sini. Selain pelayanan yang totalitas terhadap pelanggan, disini juga karyawan mendapatkan pelayan yang totalitas. Jadi wajar saja ya, pelayanan karyawan terhadap pelanggan sangat baik dan berkelas. Tuntutan pekerjaan yang lebih banyak berinteraksi langsung dengan pelanggan menyebabkan ruangan sales ini lebih banyak dimanfaatkan di pagi hari sebelum kerja, biasanya digunakan untuk breefing sebelum bekerja agar koordinasi berjalan dengan baik serta untuk meminimalisir terjadinya miskomunikasi. Keren ya.

  •    Ruang Rapat


Jika di ruangan sales lebih banyak digunakan untuk breefing antar sales dan penganggung jawabnya, mkaa di ruang rapat bukan hanya berisi sales saja melainkan juga karyawan lainnya, baik itu karywan mekanik, kasir, resepsionist dll. Penggunaan ruangan ini mirip dengan ruang sales namun digunakan sesekali saja. Berbeda halnya dengan ruangan sakes yang digunakan untuk breefing setiap pagi,

  • Ruang Admin dan Ruang Arsip


Jika di lantai 1 karyawan berinteraksi langsung dengan pelanggan, maka di ruangan admin lebih fokus berintraksi dengan pelanggan melalui sistem online berbasis intenet. Disini juga sistem administrasi tersimpan secara online.
Kalau di ruang online administrasi tersimpan online maka diruang arsip berisi hardfile yang tersimpan rapi dan terstruktur dengan baik. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengamankan bukti fisik transaksi penting maupun surat-surat penting lainnya sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dalam sistem online, masih ada alternatif lain yang bisa digunakan

  • Smoking Area and Panty Karyawan



Smoking area terletak di balkon belakang yang menghadap langsung dengan area riding test. Di smoking area ini juga sebagai tempat santai karyawan di jam istirahat. Letaknya cukup strategis karena kita bisa langsung menyaksikan pelanggan yang melakukan riding test. Selain itu, tempat ini berbatasan langsung dengan panty karyawan sehingga jika lapar dapat langsung makan di panty. Sebenernya sangat jarang loh menemukan panty karyawan yang keren kayak ini. mirip resto caffe hotel yang dapurnya langsung berhadapan dengan meja makan.


  • Mushala


Bagi saya, suatu tempat tidak akan menarik tanpa dibarengi dengan mushala yang difasilitasi tempat wudu terpisah antara laki-laki dan perempuan. Beberapa tempat yang saya datangi biasanya memiliki tempat wudu satu dan nggak nyaman banget buat saya. beruntungnya di mushala Showroom Krida Honda memfasilitasi karyawan maupun pelanggan dengan tempat wudu yang terpisah. Selain itu ada lemari khusus alas kaki disini, sehingga apabila ada sesuatu dialas kaki maka tidak akan ikut terbawa ke area mushala. Jadi,insyaAllah mushala suci dan bersih.

  • Toilet


Bukan hanya di lantai satu saja ada toilet yang disediakan, tapi dilantai 2 juga ada. Lebih kerennya lagi toiletnya nggak seperti toilet yang kita bayangkan. Biasanya toilet identik dengan bau dan kotor tapi di sini toiletnya mirip toilet kelas hotel.

OUTDOOR AREA


Bagian luar Showroom Krida hotel yang paling menarik adalah sirkuit riding test yang merupakan satu-satunya ada di NTB. bahkan rencananya, sirkuit riding test di Showroom Krida Honda akan dijadikan standarisasi nasional untuk Showroom lainnya. saking penasaran, saya terjun langsung ke sirkuit tanpa peduli panas. Well, kebetulan banget ya, ada training dari JDDC (Jakarta Defensive Driving Consulting). Ilmu yang paling berkesan adalah kalau berkendara tatapan mata harus lurus ke depan dan tidak melihat ke bawah. Soalnya ya, kalau lurus kedepan meskipun kita mengerem mendadak, tubuh tidak akan condong ke depan. Berbeda halnya jika melihat kebawah. Cobain aja, saya juga udah nyoba dan beneran loh.
Oh ya, disini juga ada mushala namun tidak selengkap mushala di lantai 2, tapi konsepnya outdor dengan pagar besi yang cantik dan hiasan batu coral. Ciamik deh pokoknya.

Komentar