Sayangi Bumi bersama Demfarm, Aksi Sederhana untuk Bumi

Salah satu hal yang mengganggu di Bumi adalah sampah. Hal ini menjadi masalah utama karena pengelolaan sampah di Indonesia masih belum optimal. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebanyak 67,8 juta ton sampah pada tahun 2020 dihasilkan oleh penduduk bumi di Indonesia. Ternyata, penyumbang sampah terbesar berasal dari sektor rumah tangga yaitu sebanyak 37,3 persen. Hal ini menunjukkan perlunya pengelolaan sampah berbasis rumah tangga. Jika tidak, entah apa yang akan terjadi pada Bumi di masa yang akan mendatang.

Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April sejak tahun 1970. Peringatan ini pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat yang di gagas oleh Gaylord Nelson, seorang senator dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup. Hari Rabu, 22 April 2022 kemarin kita telah merayakan hari Bumi Sedunia. Tema kali ini adalah "Invest in Our Planet".  Melalui peringatan ini, setiap masyarakat bisa ikut berpartisipasi saling mengingatkan untuk menjaga Bumi. Ada banyak cara untuk memperingati hari bumi. Salah satunya adalah dengan mengikuti Demfarm Challenges.

Demfarm mengajak seluruh masyarakat untuk membagikan aktivitas seperti reuse, reduce dan recycle sampah. Hal ini tentunya sebagai salah satu upaya sederhana untuk berinvestasi agar bumi selamat dari timbunan sampah. Aktivitas tersebut dapat kalian bagikan di instagram baik berupa foto ataupun video agar banyak yang ter-influence menyayangi bumi.  Sebagai apresiasi kalian sudah berbagi cara menyayangi bumi, maka Demfarm akan memberikan merchandise ramah lingkungan.  Saya juga sudah mengikuti challenges ini. Kali ini, saya berbagi aktivitas cara saya menyayangi Bumi dengan sederhana. Sesimpel mengganti kebiasaan penggunaan sedotan plastik menjadi sedotan re-use seperti sedotan bambu.

Kelebihan dari sedotan bambu adalah tidak adanya bahan kimia maupun pewarna. Sedotan ini juga bisa terurai alami tanpa merusak lingkungan. Saya suka aroma unik yang dikeluarkan dari sedotan bambu ini, aromanya khas. Selain itu, sedotan bambu bisa digunakan untuk minuman panas maupun dingin.

Selain mengikuti Demfarm Challenges, di moment peringatan hari bumi ini saya juga mengikuti talkshow yang juga diadakan oleh Demfarm. Talkshow ini juga sebagai salah satu bentuk Demfarm sayang bumi. Talkshow ini dilaksanakan secara online melalui live instagram dan diikuti oleh penonton sebanyak 207 orang. Talkshow ini bertajuk "Cerita Pejuang Lingkungan, Bersama Berinvestasi Menjaga Bumi". Dalam talkshow ini, saya bisa belajar banyak dari cerita perjuang lingkungan yang berbagi pengalaman menyayangi bumi.  


  • Cerita Pejuang Lingkungan Hasman selaku Kepala Bidang Kebersihan dan Pemanfaatan Sampah DLH Kota Bontang

Ternyata, Sampah itu dibedakan menjadi sampah organic dan anorganik. Masalah paling krusial berasal dari sampah organic yang tida terkelola dengan baik. Salah satu cara untuk mengelola sampah organic ini adalah dengan DLH Kota Bontang bersama PKT membuat Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R dengan menjalankan program menggunakan hewan lalat yang diberi nama Black Soldier Fly (BSF), dan hewan maggot BSF yang dikembangbiakkan karena bermanfaat bagi lingkungan dan manusia

Program Maggot BSF ini yang dikembangbiakkan pada TPST 3R menghasilkan protein yang sangat tinggi sehingga banyak digunakan sebagai pakan ternak. Program BSF ini mulai dijalankan pada Februari 2021. Sebagai informasi, TPST 3R merupakan Program CSR Pupuk Kaltim yang berawal dari pembangunan. Program ini menjadi salah satu bentuk komitmen PKT dalam mendukung Pemerintah Kota untuk menjadikan Bontang sebagai Green City. Dengan adanya program ini diharapkan dapat mengurangi volume timbunan sampah di TPA Bontang Lestari

  • Cerita Pejuang Lingkungan Paskalina Agus Monika, Owner Sustainable Life (Seife) Indonesia

Seife Indonesia menjadi pelopor bisnis sustainable yang mengubah minyak jelanta menjadi produk baru, seperti sabun dan lilin aroma terapi. Kehadiran produk sabun organik Seife dapat membantu kelestarian lingkungan, memperbaiki lingkungan, dan tidak memperburuk lingkungan. Harapannya, Seife tidak akan hanya membangun suatu bisnis yang menghasilkan secara finansial, tetapi juga menjadi bisnis yang sustainable.

Sedikit tips dari Monika untuk menjadi bagian dalam menjaga dan menyelamatkan bumi dengan cara adalah dengan cara sederhana seperti :

  1. Membersihkan sampah di sekitar rumah
  2. Mematikan lampu dan alat lainnya saat tidak digunakan
  3. Menanam tanaman di rumah
  4. Matikan keran air ketika tidak digunakan
  5. Membeli barang dengan kemasan minimalis

Nah, itu dia beberapa insight talkshow kemarin. Semoga bermanfaat. Yuk sayangi bumi karena bumi ini bukan milik kita, melainkan pinjaman dari anak cucu kita di masa depan. Jadi, seharusnya kita menjaga bumi untuk tetap layak huni saat dikembalikan kepada anak cucu kita kelak. 

Jangan lupa ikutan dengan cara upload foto maupun video di instagram, kemudian mention dan tag akun @demfarm.id dan beri hastag #PupukPahala #DemfarmSayangBumi #DemfarmChallenge.

Komentar